Hal yang Harus Kalian Punya Jika Ingin Kuliah

                  Sumber : pexels.com/fauxels

Banyak di luar sana yang ingin kuliah. Tapi tahukah kalian kalau ingin kuliah dan menjadi mahasiswa bukan pekerjaan yang gampang, bukan hanya soal kuliah. Ada hal yang harus kalian korbankan. Kalian tidak hanya bisa main-main karena kuliah memiliki batas tertentu bisa-bisa kalian malah di DO (DROP OUT) jika tidak menyelesaikan kuliah tepat waktu.

Jika kalian akan kuliah tidak hanya pintar dan banyak uang tetapi ada beberapa hal penting yang perlu kalian miliki. Apalagi kalian yang akan kuliah jauh dari orang tua, otomatis kalian harus mandiri, bukan?
Sebelum saya kuliah hingga kuliah ada beberapa hal yang saya siapkan dan terapkan.

Berikut ini, saya akan membagikan 4 hal penting yang perlu kalian siapkan dan harus dimiliki jika ingin kuliah  :

1. Ketahanan Iman
Tak jarang banyak dari kita khususnya kaula muda yang mengandalkan kekuatannya sendiri padahal semua yang kita miliki baik itu kekuatan, harta, kepandaian, itu adalah milik TUHAN. Menurut saya hal ini mesti yang utama kalian punya apalagi kalian yang religius sudah pasti harus punya amunisi yang satu ini.

Jika kita takut dan taat kepada TUHAN maka kita tidak akan tergoda dan ikut terjerumus ke hal-hal yang tidak menguntungkan bahkan menghindari hal-hal yang akan merugikan diri kita sendiri karena kita tahu hal-hal tersebut tidak baik bagi kita dan di mata TUHAN itu adalah perbuatan dosa.

2. Ketahanan Intelektual
Untuk hal yang satu ini sudah pasti diinginkan oleh setiap orang. Siapa yang tidak ingin cerdas ? Pastinya tidak ada. Untuk itu kalian harus sungguh-sungguh belajar karena persaingan di perguruan tinggi sangat ketat. Kalian tidak bisa bermalas-malasan dan belajar setengah-setengah saja.

Memang, kemampuan intelektual setiap orang berbeda-beda. Namun, kalian perlu mengasahnya, tidak boleh minder dan menganggap diri kalian rendah karena menganggap teman kalian lebih unggul ketimbang kalian. Sebaliknya, hal tersebut justru harus memotivasi kalian untuk belajar lebih giat dan harus yakin pada diri sendiri  "saya bisa".

3.Ketahanan Ekonomi
Uang merupakan faktor pendukung jika kalian berkeinginan untuk kuliah. Kalian harus bisa mengatur keuangan dengan baik khususnya bagi kalian yang berasal dari keluarga sederhana dengan pendapatan secukupnya. Sebisa mungkin kalian menghemat dan tidak mengeluarkan uang kalian untuk hal-hal yang tidak perlu.

Jika ada keinginan untuk membeli sesuatu yang tidak perlu, maka ingatlah betapa susahnya orang tua kalian bekerja mencucurkan keringat demi mendapatkan uang tersebut. Belajar hemat juga melatih diri kalian untuk menghargai hasil kerja kalian jika sudah bisa menghasilkan uang sendiri/sudah punya pekerjaan. 

4. Ketahanan Fisik
Bagi kalian yang ingin kuliah harus siap dengan banyaknya tugas yang diberikan. Sebisa mungkin kalian harus menjaga kesehatan agar tidak sakit. Kalian harus menjaga pola makan, apapun makanannya kalian harus makan dan jangan biarkan perut kalian kosong karena kalian akan dengan mudah terserang penyakit.

Penyakit yang kebanyakan dialami mahasiswa ialah maag. Hal itu dikarenakan sering menunda waktu makan bahkan ada yang tidak makan. Jika kalian tidak punya uang untuk jajan, sebaiknya kalian membawa bekal sendiri dan pastinya hemat.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Alasan Tidak Menghadiri Ulang Tahun Seseorang dan Solusinya

Cara Menebak Isi Buah Manggis

Kegunaan Tanaman Kemboja Yang Patut Diketahui