7 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Pedas Cabai

 Sumber : englishlikeanative/pixabay.com

Buah cabai terkenal dengan rasa pedasnya yang mematikan jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Meskipun begitu banyak juga yang menggemari akan buah yang satu ini. Memang rasa pedas dari buah cabai dapat meningkatkan selera makan. Namun jika sudah kepedasan, maka harus segera diatasi. Meskipun rasa pedas dari buah cabai akan hilang dengan sendirinya. Namun butuh waktu yang lama agar rasa pedasnya benar-benar hilang. 

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi atau bahkan menghilangkan rasa pedas buah cabai. Berikut ini adalah caranya :

1. Makan gula

Gula memiliki rasa yang manis. Gula seringkali dijadikan sebagai penyedap masakan beserta garam. Rasa manis dari gula mampu menghilangkan rasa pedas dari buah cabai. Jika mulut terasa pedas, makanlah gula atau minumlah teh gula. Melansir dari laman wikiHow, berkumur dengan air gula berulang-ulang juga mampu menghilangkan rasa pedas.


2. Minum susu

Susu mengandung kalsium dan protein yang baik bagi tubuh. Selain itu, minum susu sebelum tidur dapat membuat tidur nyeyak dan nyaman. Minum susu saat makan cabai atau makanan yang pedas dapat menetralkan rasa pedas serta menghilangkan rasa pedas cabai. 

3. Makan kecap

Kecap memiliki varian rasa manis dan asin. Sama seperti gula, rasa manis kecap dapat menghilangkan rasa pedas. Cukup dengan memakan kecap ketika mulut terasa pedas dapat membantu menghilangkan rasa pedas. 

4. Berkumur air

Minum air dingin tidak mampu menghilangkan rasa pedas. Hanyalah perut yang akan terisi dan kamu merasa kenyang. Adalah lebih baik jika berkumur dengan air dingin ketika rasa pedas cabai membakar mulutmu. Ketika berkumur dengan air, usahakan berkumur pada tenggorokan juga. Rasa pedas akan terasa di tenggorokan. Jika terasa pedas, keluarkan air kumur lalu  berkumurlah dengan air yang baru. Lakukan ini secara berulang-ulang hingga rasa pedas hilang.

5. Minum air hangat

Minum air hangat  juga dipercaya mampu menghilangkan rasa pedas. Cukup dengan meminum air hangat ketika terasa pedas. Efeknya akan sama ketika kamu berkumur dengan air hangat yakni akan terasa pedas mulut dan tenggorokannmu.

6. Minum santan kelapa

Santan kelapa memiliki ciri yang hampir sama dengan susu karena warnanya yang putih dan kental. Sama seperti yang lain, santan kelapa dapat menghilangkan rasa pedas. Cukup dengan meminum santan kelapa ketika mulutmu terasa pedas maka santan kelapa akan membunuh rasa pedas cabai tersebut. 

7. Makan nasi

Jika rasa pedas cabai membakar mulutmu, segeralah makan nasi. Selain enam cara di atas, makan nasi juga mampu menutupi dan menghilangkan rasa pedas cabai yang membakar mulutmu. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Alasan Tidak Menghadiri Ulang Tahun Seseorang dan Solusinya

Cara Menebak Isi Buah Manggis

Cara Mudah Membuka Tutup Botol Listerine Freshburst