9 Macam Tanaman Berwarna Ungu yang Dapat Dimakan


1. Anggur (grape)

Anggur adalah jenis tanaman merambat yang memiliki buah kecil-kecil seperti kelereng dan berangkai. Satu tangkai buah anggur dapat terdiri dari beberapa buah anggur. Tanaman yang satu ini terdiri atas beberapa jenis warna. Salah satunya ialah warn ungu. Warna ungu yang dimiliki anggur ini adalah ungu kehitaman pada bagian kulit luarnya. 

Sumber: Luiz M. Santos/pexels.com


2. Akabi

Akabi adalah salah satu jenis buah yang ada di negara Jepang. Buah akabi ini berasal dari utara Jepang. Akabi telah dipelihara selama 20 tahun terutama di Yamagata, Tohoku, Jepang. Sebelumnya, akabi ini termasuk tanaman liar hanya diambil dan dimakan oleh anak-anak. Tinggi pohon akabi dapat mencapai 10 meter. Bunganya memiliki bau khas seperti cokelat. Itulah sebabnya disebut tanaman anggur cokelat. 

Pada awalnya akabi hanya tumbuh liar. Namun sekarang telah ada yang mengusahakan tanaman ini. Buah akabi ini menandakan musim gugur. Buah akabi memiliki warna yang cantik dan bentuk yang unik. Warna ungu dari kulit buah akabi sangat menarik perhatian setiap orang yang melihatnya. Sementara, rasa buah ini sedikit hambar, dan jika dimakan bersama bijinya langsung akan terasa sedikit pahit. Meskipun begitu, ada pula yang menjadikannya sebagai hadiah untuk orang terdekat karena buahnya yang cantik dan langka. 

Sumber: istockphoto.com


3. Bit (beet)

Bit adalah salah satu jenis umbi yang disukai banyak orang. Bagian kulit luarnya berwarna ungu. Sedangkan daging umbi berwarna merah. Bit dapat dijadikan sebagai pewarna rambut alami. Pastinya rambut kamu akan berwarna ungu, jika menggunakan air perasan bit.

Bit termasuk jenis sayuran juga. Bit dapat dibuat jus sebagai minuman yang bagus untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya yaitu bagi penyakit kanker. 

Sumber: Roman Online/pexels.com


4. Bunga kol

Bunga kol dapat dijadikan sebagai sayuran yang enak dan gurih tergantung cara mengolahnya. Biasanya bunga kol yang kita lihat dan temui berwarna putih. Namun ternyata ada juga bunga kol yang berwarna ungu. 

Sumber: pixabay.com


5. Kol (cabbage)

Kalau tadi bunga kol yang berwarna ungu. Lalu bagaimana dengan kol? Kita sudah sering melihat kol yang berwarna hijau pada bagian luarnya bercampur warna putih. Namun tahukah kamu jika ada kol yang berwarna ungu? 

Dikutip dari Kompas.com, ternyata kol ungu memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah tubuh kita dari gangguan radikal bebas yang berbahaya. 

Kol yang berwarna ungu tersebut berpadu dengan warna putih. Unik bukan?

Sumber: pixabay.com


6. Plum

Kalau tanaman yang satu ini memiliki buah yang berbentuk bulat dan rasanya manis asam. Buah plum ini memiliki warna kulit yang merah keungguan. 

Sumber: pixabay.com


7. Terung (eggplant)

Pasti banyak di antara kalian yang sudah tak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Buah dari tanaman terung dapat diolah menjadi sayur atau langsung dimakan mentah bersama sambal atau colo-colo (campuran asam lemon cina atau asam cuka, garam, bawang, dan cabai).  Salah satu jenis buah terung berkulit ungu. 

Sumber: John Lambeth/pexels.com


8. Tin

Pohon tin diketahui berasal dari Timur Tengah.  Buah tin terkenal dengan sebutan "buah dari surga".  Batangnya menghasilkan getah, sedangkan daunnya hampir seperti daun pepaya. Kulit buah tin ada yang berwarna ungu. 

Sumber: pixabay.com


9. Ubi jalar (sweet potato)

Ubi jalar/ketela rambat adalah sejenis ubi yang tumbuh merambat di permukaan tanah. Ubi jalar terdiri atas beberapa jenis. Salah satunya ialah ubi jalar yng berwarna ungu. Bukan saja kulitnya yng berwarna ungu, tetapi daging ubinya juga berwarna ungu. 

Ubi jalar dapat diolah menjadi roti, kue, atau bahkan digoreng dan direbus saja, lalu dimakan.

Sumber: pixaby.com



Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Alasan Tidak Menghadiri Ulang Tahun Seseorang dan Solusinya

Cara Menebak Isi Buah Manggis

Cara Mudah Membuka Tutup Botol Listerine Freshburst