Manfaat Minum Air Putih




Sumber: pexels.com/Daria Shevtsova

Air sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup baik itu manusia, hewan dan tumbuhan. Bagi manusia, air dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak, mandi, mencuci, menyiram tanaman, atau bahkan untuk minum; Bagi hewan, air diperlukan untuk minum; Bagi tumbuhan, air diperlukan dalam proses fotosintesis.

Salah satu kebutuhan manusia akan air yaitu menghilangkan rasa haus dengan cara diminum. Umumnya air yang akan diminum bukanlah mentah seperti yang diminum hewan dan  tumbuhan dalam proses fotosintesis, tetapi air yang sudah direbus hingga mendidih. Jika air yang direbus sampai mendidih dapat memungkinkan mikroorganisme yang terdapat di dalam air dapat mati.

Air yang sudah matang dan siap diminum sering disebut air putih. Air putih memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Bukan hanya untuk menghilangkan dahaga, air putih memiliki beragam manfaat.

Berikut ini manfaat minum air putih .

1.  Melancarkan pencernaan makanan
Pernahkan kamu makan tanpa meminum air putih? Sudah pasti kamu akan tersedak, bukan? Oleh karena itu, perlu minum ketika makan. Air putih yang kita minum ketika makan makanan dapat melancarkan pencernaan sehingga tidak akan tersedak saat makan.

2.Mencegah dehidrasi
Pasti ada di antara kalian yang sudah pernah merasakan tenggorokannya kering, dan bibir pecah-pecah. Hal itu disebabkan karena kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi). Rutin minum air putih dapat mencegah terjadinya dehidrasi. 
Untuk itu, sangat penting untuk minum air putih. 

3. Meningkatkan fokus pikiran
Pernahkah kamu melihat iklan air mineral di TV yang memperlihatkan seseorang yang kehilangan fokus karena tidak minum air? 
Kurang minum air putih pun dapat mengakibatkan turunnya konsentrasi. Fokus pikiran yang terganggu dapat berdampak pada kinerjamu. Ketika kamu sedang bekerja, belajar, atau beraktifitas yang lain pun jangan lupa minum air putih. Usahakan selalu sediakan air putih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Alasan Tidak Menghadiri Ulang Tahun Seseorang dan Solusinya

Cara Menebak Isi Buah Manggis

Kegunaan Tanaman Kemboja Yang Patut Diketahui