Pertolongan Pertama Ketika Terminum Sesuatu yang Mengandung Zat Kimia Berbahaya

            Sumber : pexels.com/Anna Shvets

Dalam kehidupan sehari-hari dapat kita jumpai beragam barang kebutuhan yang mengandung zat kimia baik itu pada makanan, minuman, sabun mandi, desinfektan, deterjen, pewangi, pengharum ruangan, kosmetik atau pun yang lain. Zat kimia yang ada di dalam benda-benda tersebut memiliki takaran yang sudah ditetapkan dan disetujui untuk digunakan sesuai fungsinya. Jika benda-benda seperti, sabun mandi, pewangi, pembersih atau pun lainnya yang tidak berfungsi sebagai makanan atau minuman dengan sengaja atau tidak sengaja terminum maka akan menggangu metabolisme di dalam tubuh.

Zat kimia dari benda-tersebut akan memengaruhi fungsi organ tubuh sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Misalnya seseorang yang  sengaja atau tidak sengaja meminum suatu barang yang mengandung zat kimia, bisa menyebabkan gangguan lambung.

1. Minum santan kelapa
           Sumber : pexels.com/samer daboul

Kelapa dijuluki sebagai pohon seribu manfaat.Tak heran jika bagian kelapa dari ujung hingga akarnya dapat dimanfaatkan. Salah satu bagian pohon kelapa yang dapat digunakan ialah daging buahnya yang sudah tua. Daging buahnya ini dapat digunakan sebagai penawar racun. Cara pemakaiannya dengan dimakan begitu saja atau diparut dan dijadikan santan. Minum santan kelapa sangat bagus jika terminum bahan-bahan yang mengandung zat kimia berbahaya.

Santan kelapa yang akan dipakai sebaiknya berasal dari kelapa yang masih baru karena berpengaruh terhadap rasa dan kualitas santannya. Jangan memakai kelapa yang sudah terlalu lama.

2. Minum susu
Sumber : pexels.com/Engin Akyurt

Susu merupakan penyempurna gizi. Biasanya susu dijadikan minuman atau dicampur dengn makanan. Namun tahukah mamu jika susu dapat digunakan sebagai penawar racun? Jika kamu terminum sesuatu yang mengandung zat kimi berbahaya, maka susu dapat dijadikan penawar sebagai penolong pertama 

3. Minum air kelapa muda 
Sumber: pexels.com/Pixabay

Selain daging buah kelapa tua dan santan, air kelapa muda juga dapat digunakan sebagai penawar racun dalam tubuh. Rasa air buah yang manis serta kandungan elektrolit mampu memberi kesegaran bagi tubuh. 

Dengan demikian, penggunaan benda-benda yang mengandung zat kimia harus dikontrol agar tidak menimbulkan masalah bagi diri kita sendiri. Jika terjadi keracunan segeralah konsumsi bahan-bahan di atas. Namun penggunaanya tidak boleh berlebihan.

Jika setelah mengonsumsi bahan-bahan di atas lalu kamu muntah-muntah, jangan panik sebab itu efek positif. Tubuh kamu sedang bekerja mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.
Langkah selanjutnya, segera periksalah ke dokter.

Baca juga : Mengapa Di Rumah Saja Selama Pandemi Corona



Komentar

Posting Komentar

DILARANG SPAM, SEKS, DAN SARA!

Postingan populer dari blog ini

10 Alasan Tidak Menghadiri Ulang Tahun Seseorang dan Solusinya

Cara Menebak Isi Buah Manggis

Kegunaan Tanaman Kemboja Yang Patut Diketahui