Tip Mengatasi Sakit Gigi

Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio

Pernahkah kamu merasakan sakit gigi? Sakit gigi sangat tidak mengenakan. Sakit gigi disebabkan karena sisa makanan yang menempel di gigi dalam jangka waktu yang lama sehingga menjadi tempat tumbuh bakteri yang dapat merusak gigi.

Ketika mengalami sakit gigi, kita akan kesulitan untuk mengunyah makanan. Bahkan sakit gigi dapat menurunkan nafsu makan kita. Coba bayangkan saja jika ada makanan lezat seperti daging panggang, tetapi kamu tak bisa memakannya karena kamu akan mengerang kesakitan saat menggigit daging atau saat mengunyah. Wah wah rugi, ya hehe. Kamu tak perlu kuatir!

Berikut ini disajikan tip mengatasi sakit gigi.

1. Berkumur air hangat dan garam

Sumber : pexels.com/Artem Beliaikin

Campuran air hangat dan garam dapat kamu gunakan untuk berkumur. Jika gigimu sakit, larutkan garam secukupnya  ke dalam air hangat. Misalnya segelas air hangat dan sesendok makan garam. Gunakan larutan air garam untuk berkumur. Jangan sampai tertelan.  Lakukan selama beberapa kali.

2. Berkumur air hangat dan minyak kayu putih


Sumber : flickr.com/ Hồng Huệ Nguyá»…n

Minyak kayu putih sering digunakan sebagai minyak urut atau minyak gosok pereda sakit perut jika masuk angin. Ternyata, minyak kayu putih juga dapat dijadikan sebagai obat kumur jika gigimu sakit.

Caranya yaitu, campurkan minyak kayu putih secukupnya ke dalam 1/2 gelas air hangat kemudian gunakan untuk berkumur.  Khusus untuk gigi berlubang. 

3. Menempelkan bawang putih pada gigi yang sakit

Sumber : pexels.com/Karolina Grabowska

Bawang putih adalah bumbu masak dan penyedap berbagai masakan. Selain itu, bawang putih juga memiliki khasiat untuk meredakan sakit gigi, jika gigimu berlubang.

Caranya yaitu, ambil satu siung bawang putih, kemudian tumbuk atau giling. Setelah itu, masukan ke dalam lubang gigi tersebut.

3. Berkumur air daun sirih

Sumber : flickr.com/Robin


Daun sirih memiliki beragam manfaat. Salah satunya yaitu obat  gigi sakit. Tak heran jika orang yang sering makan daun sirih jarang sakit giginya. Kamu bisa mengunyah daun sirih, jika gigimu sakit, jangan telan ya atau kamu dapat menempelkan daun sirih yang sudah ditumbuk ke gusi bengkak dan gigi yang sakit. Selain itu, kamu dapat menggunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur.

4. Mengunyah buah pinang
Sumber : flickr.com/Forest and Kim Starr

Buah pinang juga memiki manfaat untuk mengatasi sakit gigi. Sama seperti daun sirih, buah pinang sering dikunyah untuk menghilangkan sakit gigi. Selain itu, buah pinang juga memiliki manfaat untuk menguatkan gigi.

Caranya yaitu, buah pinang dibelah dan diambil bagian dalamnya kemudian dikunyah kemudian buang ampas dan airnya. Pastikan jangan sampai tertelan. 

Komentar

  1. Bermanfaat sekali, Ka. Aku pernah gunakan daun sirih ketika gigiku sakit.

    BalasHapus

Posting Komentar

DILARANG SPAM, SEKS, DAN SARA!

Postingan populer dari blog ini

10 Alasan Tidak Menghadiri Ulang Tahun Seseorang dan Solusinya

Cara Menebak Isi Buah Manggis

Cara Mudah Membuka Tutup Botol Listerine Freshburst