10 Jenis Sayuran Yang Bisa Dimakan Mentah

Sumber : istockphoto


Ada banyak jenis makanan yang dapat kita makan. Mulai dari beras, jagung, ubi, daging, ikan, ayam, hingga sayur-sayuran dan buah-buahan. Biasanya, bahan makanan yang akan kita makan harus diproses terlebih dahulu sebelum dapat dimakan. Dengan kata lain, bahan makanan tersebut harus dimasak terlebih dahulu, baru disantap.

Meski begitu, ada pula bahan makanan yang dapat langsung dimakan. Biasanya kita sebut lalap. Lalap banyak disukai orang. Lalap sering disajikan bersama nasi dan sambal. Jika kamu pernah makan nasi padang, kamu dapat menemukan daun singkong rebus yang tersedia di dalamnya.

Jenis makanan yang dapat dilalap ini bervariasi. Mulai dari sayur-sayuran berdaun hingga sayuran berbuah. Namun, tak semua sayuran dapat dimakan mentah, hanya sayur-sayuran tertentu saja. Berikut ini adalah 10 jenis sayuran yang dapat dimakan mentah


1. Mentimun
Tanaman yang satu ini sudah tak asing lagi bagi banyak orang khususnya pecinta lalap. Disebut juga timun, ketimun. Memiliki buah yang bulat lonjong panjang berwarna hijau, menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang segar tawar. Jika dicocol ke dalam sambal dan dimakan dengan nasi, rasanya buat kamu melayang.

Tak heran jika mentimun sering dimasukan ke dalam daftar sayuran yang paling banyak dicari. Apalagi jika dalam kondisi kantong kering. Dijamin bakal ketagihan makan.

Sumber : Matthias Zomer/pexels.com


2. Tomat

Kalau buah yang satu ini terkenal karena kaya akan kandungan vitamin A dan C. Kandungan vitamin A baik untuk mata, sedangkan kandungan vitamin C baik untuk mencegah dan mengatasi sariawan. Buah tomat ini termasuk kelompok tanaman sayuran. Biasanya tomat ditambahkan ke dalam ikan kuah, atau sayur tumis seperti kangkung.

Selain itu, tomat juga menjadi sayuran favorit. Rasanya yang segar dari buah tomat ini, cocok dimakan bersama nasi dan lauk seperti ikan dan ayam. Biasanya tomat dijadikan sebagai campuran sambal, lalu dimakan dengan lauk ayam atau ikan, atau pun daging lainnya. Ada pula yang menambahkan irisan tomat ke dalam colo-colo ( asam cuka atau asam lemon yang dicampur dengan air dan garam ), lalu disantap bersama papeda ( makanan khas Maluku dan Papua) dan ikan bakar.

Sumber : pixabay/pexels.com


3. Kemangi

Sayuran yang satu ini berdaun hijau kecil. Memiliki bau yang khas dan wangi membuat banyak orang menyukainya. Daun kemangi juga dipercaya dapat mencegah bau badan. Daun kemangi ini sering dilalap atau dijadikan bahan campuran sambal. Biasanya disebut sambal kemangi. Daun kemangi juga sering ditambahkan ke dalam colo-colo.
Sumber : pixabay/pexels.com


4. Petai
Petai atau sering disebut pete dalam percakapan sehari-hari. Tanaman yang satu ini terkenal karena baunya yang menyengat. Bahkan ada pula orang yang tak tahan dengan baunya tersebut hingga mengakibatkan pusing dan mual-mual. Meskipun begitu, ternyata banyak juga orang yang gemar makan sayur yang satu ini. Umumnya, biji yang ada di dalam buahnya yang dikonsumsi.

Petai cocok dijadikan sayur tumis, lalu dimakan bersama nasi panas. Selain itu, petai juga dapat dimakan mentah. Biji petai mentah dimakan bersama sambal dan nasi. Petai mentah yang garing dicocol sambal pedas, lalu dimakan dengan nasi memberikan sensasi pedas gurih yang dapat meningkatkan nafsu makan.
Namun, jangan coba-coba makan petai jika kamu akan menghadiri suatau acara. Bisa-bisa mereka malah menutup mulut saat kamu berbicara. Hehehe.

Sumber : istockphoto


5. Selada
Pasti ada diantara kalian yang pernah mendengar hidangan selada, bukan? Bagi kalian yang belum tahu, aku akan beritahu sekarang. Selada adalah hidangan yang dibuat dari daun selada dengan mentimun, tomat dan isian lainnya, lalu disiram dengan mayones. Eits, tapi kita bukan bicara tentang hidangan selada, ya. Ini tentang jenis sayuran yang bernama selada. Sudah jelas bukan? Kalau selada juga salah satu sayuran yang dapat dilalap. Apalagi dimakan dengan daging panggang, nikmatnya. Perut kenyang, hati senang.
Sumber : pexels.com


6. Kubis

Sayur kubis dikenal juga denga nama kol. Sayur yang satu ini hampir sama dengan selada. Sayur kubis ini sering dibuat sup atau ditumis. Ternyata ada juga orang yang mengonsumsi sayur ini dalam keadaan mentah.

Sumber : quang nguyen vinh/pexels.com



7. Terung

Kalau sayuran yang satu ini kerap kali dibuat tumis atau gulai. Rasanya akan buat kamu ketagihan ketika mencicipinya. Tekstur daging yang lembut dan kulit yang manis membuat setiap orang yang memakannya akan benar-benar menikmatinya.

Wujudnya seperti buah bukan tak mungkin dapat dimakan mentah. Buktinya ada banyak orang yang menjadikannya lalap. Berbeda dengan buah mentimun yang dapat dimakan tanpa sambal dan nasi, terung justru sebaliknya. Jika tidak, akan terasa sepat di mulut.

Sumber : visionpic.net/pexels.com


8. Kacang panjang

Kacang panjang paling sering dijadikan sayur tumis. Namun tak jarang juga ada orang yang makan mentah sayur yang satu ini. Meskipun tak semua orang suka , tapi ada makanan yang menghidangkan kacang panjang sebagai lalap. Misalnya ayam lalapan. Kamu dapat menemukan kacang panjang yang sudah dipotong-potong . Rasanya yang agak sepat dipadu dengan sambal dan ayam memiliki cita rasa yang berbeda dari biasanya.

Sumber : istockphoto.com


9. Peria

Memiliki rasa yang pahit merupakan ciri khas dari tanaman yang satu ini. Peria atau biasa disebut pare, pepare, papari. termasuk jenis tanaman yang daunnya dimanfaatkan sebagai obat. Selain daunnya yang dijadikan obat, buahnya dapat dijadikan sayur. Jika ditumis bersama ikan asar (panggang) yang sudah dipotong kecil-kecil, nikmatnya tak terkira. Selain ditumis, peria juga dapat dimakan mentah. Jenis peria yang biasanya dilalap adalah peria putih karena rasanya yang tidak terlampau pahit. Buahnya pun besar dari peria biasa.

Sumber : Lars H Knudsen/pexels.com


10. Kecipir

Pernahkah kamu mendengar kecap kecipir? Kecap kecipir adalah kecap yang dibuat dari bahan dasar kecipir yang sudah tua. Kecipir yang sudah tua, diambill bijinya, lalu diolah menjadi kecap.

Kecipir atau nama lainnya jaat, sering disebut juga buah botol oleh segelintir orang. Tidak tahu persis apa sebab mereka menyebutnya buah botol. Yang pasti kecipir termasuk jenis sayuran. Bentuknya seperti bintang segi empat. Kecipir yang masih muda biasanya dijadikan sayur. Sayur kecipir tumis yang enak rasanya. Namun, ada orang yang makan kecipir mentah dengan sambal. Ada pula yang merendamnya dalam colo-colo, lalu dimakan.

Sumber : istockphoto


 


Komentar

  1. Wuih mantap kali infonya....semangat menulisnya semoga selalu memberikan artikel2 yang berguna bagi banyak orang 💪😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. Terima kasih banyak selalu mengunjungi blog ini, Kak. Siap, Kak.

      Hapus

Posting Komentar

DILARANG SPAM, SEKS, DAN SARA!

Postingan populer dari blog ini

10 Alasan Tidak Menghadiri Ulang Tahun Seseorang dan Solusinya

Cara Menebak Isi Buah Manggis

Kegunaan Tanaman Kemboja Yang Patut Diketahui