Cara Mengatasi Kulit Kering

Sumber : shutterstock.com


Kulit merupakan bagian tubuh luar yang sering menjadi pusat perhatian. Namun terkadang masalah kulit menjadi hal yang sering disepelekan. Hal ini dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan terkelupas. Jika kulit kering dan terkelupas maka justru akan menggangu penampilan kita.

1. Lidah buaya (aloe vera)
 
Sumber : pixabay.com/stevepb

Lidah buaya adalah salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit atau pun rambut. Tanaman yang satu ini memiliki ciri-ciri berdaun panjang, tebal, berduri hampir di seluruh tepi daun, berdaging lembek dan berlendir.

Sudah tak diragukan lagi kalau tanaman ini memiliki segudang manfaat kecantikan. Maka tak heran jika banyak sekali produk kecantikan di pasaran yang berbahan dasar tanaman ini.
Salah satu kegunaan lidah buaya yaitu mengatasi kulit kering.

Cara penggunaannya tidak serta merta langsung digunakan. Namun yang akan digunakan ialah bagian dagingnya yang lembek dan berlendir tersebut. Dagingnya terdapat di dalam daun lidah buaya tersebut. Jadi, perlu menggunakan pisau untuk mengupas agar tangan tidak luka terkena duri-duri di tepi daunnya.

Setelah itu lepaskan dagingnya menggunakan  pisau, sendok, atau garpu lalu tempatkan pada sebuah wadah. Kemudian oleskan pada kulit yang kering. Lakukan hal ini secara rutin agar kulit kering perlahan hilang.

Selain itu, penggunaan lidah buaya secara rutin dapat menjaga kelembapan kulit.
Jika kamu kesulitan untuk mendapatkan daging lidah buaya murni, kamu dapat juga menggunakan produk olahan daging lidah buaya yang tersedia di pasaran dalam bentuk gel yang harganya terjangkau.

2. Minyak zaitun (olive oil)
      Sumber : pixabay.com/casellesingold

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat baik itu kesehatan maupun kecantikan. Hal ini sudah terbukti sejak zaman kuno. Sebelum ada produk kesehatan dan kecantikan seperti sekarang, minyak zaitun digunakan sebagai obat-obatan dan kosmetik.

Minyak zaitun sering digunakan untuk membersihkan kulit dan menjaga kelembapan kulit sehingga kulit bersih dan cerah. Bau khas nan harum dari minyak zaitun dapat memberikan keharuman  pada kulit juga menenangkan pikiran.

Kini, produk dari minyak zaitun pun sudah banyak beredar di pasaran. Kamu dapat menemukan beragam produk olahan minyak zaitun mulai dari produk perawatan kulit, perawatan rambut, bahkan obat-obatan dan kosmetik.

Kamu dapat menggunakan produk minyak zaitun untuk mengatasi masalah kulit kering. Cukup dengan mengoleskannya pada bagian kulit yang kering dan pijat sedikit  sebelum dan sehabis mandi secara teratur. Niscaya masalah kulit kering akan teratasi. Kini, kulitmu halus dan lembab.

3. Mentimun (cucumber)

Sumber : pexels.com/Karolina Grabowska

Selain dua bahan di atas, mentimun juga dapat direkomendasikan untuk mengatasi masalah kulit kering. Hal dikarenakan mentimun memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalam buahnya sehingga dapat menjaga dan mempertahankan kelembapan kulit. Maka sudah tentu dapat mengatasi masalah kulit kering.

Tidak jauh berbeda dengan dua bahan di atas. Pengaplikasian mentimun juga dengan cara dioleskan pada kulit yang kering. Cara penggunaannya bisa dengan cara pertama atau cara kedua tergantung kamu.

Cara pertama yaitu mentimun dicuci bersih dengan air. Setelah itu, mentimun  tersebut dikupas, dibelah, dan dikeluarkan bijinya, lalu dipotong kecil-kecil dan dihancurkan menggunakan blender sampai halus.

Cara kedua yaitu, mentimun dicuci bersih kemudian diiris bulat, lalu gosokkan pada bagian kulit yang kering.
Penggunaan secara rutin dapat menghilangkan kulit kering sekaligus menjaga kelembapan kulitmu.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Alasan Tidak Menghadiri Ulang Tahun Seseorang dan Solusinya

Cara Menebak Isi Buah Manggis

Cara Mudah Membuka Tutup Botol Listerine Freshburst