Kegunaan Belimbing Wuluh yang Perlu Kamu Ketahui

                Sumber : PeterFranke/pixabay


Memiliki buah kecil lonjong, berwarna hijau ketika mentah, dan berwarna hijau kekuningan ketika matang adalah ciri-ciri buah belimbing wuluh. Ada pula yang menyebutnya belimbing asam. Sebutan itu diberikan dikarenakan belimbing wuluh memiliki rasa yang asam. Rasa ini kebalikan dengan rasa buah belimbing pada umumnya yang manis. 

Tanaman belimbing wuluh ini sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia. Meskipun terlihat menarik tapi jangan coba-coba untuk langsung memakannya, ya. Kamu akan menjerit dan mukamu akan berubah masam saking asamnya buah ini. Buah belimbing wuluh pun  sering dijadikan asam pada beragam masakan seperti ikan kuah 

Belimbing wuluh digunakan sebagai bahan untuk membuat sambal yaitu sebagai pengganti asam cuka atau asam lemon. Belimbing wuluh tersebut direbus hingga matang dan agak lembek, lalu digiling hingga halus. Setelah itu belimbing wuluh dicampurkan bersama sambal tersebut.

Di samping dua hal tersebut, ternyata belimbing wuluh memiliki satu kegunaan lain. Apakah kamu sudah mengetahuinya? Jika belum, lanjutkan membaca. 

Rasa asam pada buahnya dapat dijadikan sebagai pembasmi ketombe. Ketombe adalah kulit kepala yang mengelupas. Sebutan lainnya ialah kelemur. Kelemur ini bersisik putih dan terasa gatal. Rasa gatal tersebut memicu ketidaknyamanan karena dapat membuatmu tidak tahan untuk tidak menggaruk kepala. Kelemur ini dapat diatasi dengan buah belimbing wuluh. Rasa asam tersebut mampu mengangkat kulit kepala yang mengelupas. 

Cara menggunakannya tidak sulit: Ambil sebuah belimbing wuluh (bisa lebih tergantung banyaknya ketombe) dan potong sedikit bagian ujungnya; Kemudian gosoklah pada kulit kepala yang berketombe tersebut; Setelah menggosok kulit kepala dengan belimbing wuluh akan timbul rasa gatal dan perih; Jangan kuatir, itu adalah efek rasa asam dari buah belimbing wuluh tersebut; Biarkan beberapa menit, lalu cucilah rambutmu dengan sampo hingga bersih; Lakukan hal ini secara rutin, tapi jangan terlalu sering.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Alasan Tidak Menghadiri Ulang Tahun Seseorang dan Solusinya

Cara Menebak Isi Buah Manggis

Kegunaan Tanaman Kemboja Yang Patut Diketahui