Umur Gawai Tidak akan Bertahan Lama Jika Kamu Lakukan Hal Ini

               Sumber : pexels.com/Pixabay

Gawai merupakan salah satu alat komunikasi. Sebutan gawai begitu lazim di telinga kita, tapi kalau gadget pastilah sudah tak lazim lagi.  Sebutan "gawai" memang jarang didengar sehingga tidak semua orang tahu "gawai". Padahal artinya sama dengan gadget.  

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima, Gawai adalah peranti elektronik atau mekanik dengan fungsi praktis; gadget. 

Penggunaan gawai sudah menjadi kebiasaan banyak orang dan sudah menjadi salah satu kebutuhan yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Gawai mempunyai banyak sekali kelebihan karena dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat mendukung kelancaran penyampaian informasi.

Di balik kelebihan tersebut ternyata gawai juga memiliki kelemahan. Kelemahan tersebut timbul karena tindakan yang tidak tepat. Ya, apa lagi kalau bukan  penggunaan yang tidak semestinya. Salah satu contoh seperti bermain permainan dalam jangka waktu yang lama. 

Salah satu hal lain yang memicu menurunnya kinerja gawai yaitu mengecasnya terlalu lama dan mengisi dayanya sambil mengoperasikannya. Nah, hal ini sudah sering dilakukan. Apalagi kalau sedang asyik bermain permainan, mengecek media sosial, berkirim pesan, atau menelepon. Pastinya akan terasa tidak enak kalau tiba-tiba daya baterai gawai habis, bukan? 

Keadaan seperti itu mengharuskan gawai harus segera diisi dayanya. Namun, kenyataannya seringkali mengisi daya terus-menerus sampai penuh benar dapat menyebabkan umur gawai tidak akan bertahan lama karena dapat mengakibatkan kebocoran pada baterai apalagi sambil mengoperasikannya. 

Selain itu, ketika mengecas gawai terlalu lama maka gawai akan terasa panas. Jika mengalami hal seperti ini segera lepaskan pengisi dayanya karena jika terlalu panas maka kemungkinan gawai akan meledak dan rusak. Jika sudah rusak apakah kamu sudah siap membeli gawai baru? 

Batas pengisian daya baterai gawai yang benar ialah tidak sampai penuh sekali.

Mengecas gawai sambil menelepon juga dapat mengakibatkan gangguan pada tubuhmu seperti telinga dan otak. Menatap layar  gawai terlalu lama juga dapat mengakibatkan gangguan pada pengilahatan.

Oleh karena itu, sebaiknya penggunaan bawah sesuai prosedur yang tepat. Jika ingin umur gawai bertahan lama dan kamu juga tidak mengalami masalah sebaiknya jangan sering mengecas gawai sambil mengoperasikannya. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Alasan Tidak Menghadiri Ulang Tahun Seseorang dan Solusinya

Cara Menebak Isi Buah Manggis

Kegunaan Tanaman Kemboja Yang Patut Diketahui